Semarak Pesantren Kilat di SMPN 1 Banjarnegara


SMP Negeri 1 Banjarnegara selama seminggu terhitung sejak tanggal 6 hingga 11 Agustus 2012 menggelar kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat). Kegiatan rutin tahunan setiap Ramadhan itu bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan serta kesadaran yang tinggi bagi setiap siswa Muslim.
Koordinator pelaksana Pesantren Kilat Amam Rofiq, S.Ag. siang tadi (8 Agustus 2012) menjelaskan, sekalipun waktunya hanya berjalan selama satu minggu, namun materi-materi yang disampaikan cukup bermanfaat bagi para siswa sebagai bekal di kemudian hari.
Di luar kegiatan Pesantren Kilat, setiap pagi selama bulan Ramadhan, para siswa juga membiasakan membaca Al Qur’an selama lebih kurang seperempat jam sebelum jam pelajaran dimulai. Tak ketinggalan segenap dewan  guru dan karyawan juga melakukan kegiatan tersendiri yaitu kultum secara bergantian.
Pada hari pertama, yaitu tanggal 6 dan 7 Agustus, para siswa diajak untuk menuju ke masjid, yakni masjid agung An Nur, kemudian masid At Taqwa dan masjid milik sekolah. Di tempat-tempat ini para siswa melakukan sholat Dzuha kemudian dilanjutkan dengan kegiatan ceramah Ramadhan.
Khusus untuk hari Rabu 8 Agustus 2012, panitia menggelar tujuh macam lomba, seperti Lomba Cerdas Cermat, Tilawah, Tartil Al Qur’an, Khitobah, Vokal Group, Adzan dan Seni Kaligrafi. Hal ini juga dalam rangka mencari bibit baru untuk persiapan lomba MAPSI di waktu-waktu yang akan datang.
Menurut Amam Roriq, kegiatan lain yang mendukung Pesantren Kilat diantaranya bakti sosial berupa pembagian zakat fitrah di SD Negeri Gunungjati, Kecamatan Pagedongan serta masyarakat sekitar sekolah yang dilaksanakan Kamis siang. Kemudian peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan di masing-masing kelas dan buka bersama dengan mengundang penceramah dari UNSIQ Wonosobo KH. Abdullah Muksin Al Hafidz.
Menutup serangkaian kegiatan Pesantren Kilat, panitia akan mengumumkan hasil lomba sekaligus memberikan hadiah kepada para pemenang dari tujuh macam lomba yang digelar. (s.bag).